Home » » Cara Buat Kopi Bercita Rasa Tinggi

Cara Buat Kopi Bercita Rasa Tinggi

Kopi berkualitas tinggi semakin mudah didapatkan di kedai siap saji, bahkan lebih mudah dibandingkan mencari kentang goreng.

Mulai bulan ini misalnya, Mc Donald menawarkan kopi organik yang diolah oleh Green Mountain Coffee Roaster di 650 lokasi di New England dan Albania, New York. Burger Kings bahkan menyediakan kopi yang diseduh saat itu juga sehingga Anda dapat memperoleh kopi dengan aroma yang pas.

Kedai-kedai siap saji tahu bahwa pelanggan – terutama di Amerika – jatuh cinta pada kopi dengan cita rasa tinggi.

Kopi yang tidak memiliki aroma kurang sedap digolongkan sebagai kopi khusus. Kopi ini dihasilkan dari biji kopi kualitas unggul, dimana penyangraian (digoreng tanpa minyak) dan pemasakannya dilakukan dengan keahlian tertentu.

Pada tahun 2004, menurut Specialty Coffee Association of America, 16 persen kaum muda di Amerika sehari-hari meminum kopi spesial. Pasar kopi seperti ini – yang meliputi penjualan di kafe-kafe, kios-kios, kedai-kedai, dan gerai-gerai kopi dengan jumlah total 17.400 lokasi – mencapai sekitar 8,96 milyar dollar AS pada akhir 2003.
Amerika mengimpor dan mengkonsumsi kopi lebih banyak dari pada negara-negara lain di dunia.

Cara pembuatan :

Untuk mendapatkan kopi dengan cita rasa yang tinggi, rahasianya adalah pada cara menyangrai dan memasaknya.

Bila biji kopi mencapai suhu sekitar 400 derajat, warnanya akan mulai berubah kecoklatan. Minyak yang terkandung di dalamnya mulai keluar. Inilah saat aromanya keluar. Semakin banyak minyak yang keluar, semakin kuat cita rasa yang dihasilkan.

Namun kopi sangrai adalah bahan yang tidak tahan lama. Cita rasa kopi akan mencapai puncaknya beberapa hari setelah disangrai dan memudar bila kopi terkena udara, cahaya, atau kelembaban. Karena alasan inilah, para pengolah kopi menyimpan biji kopi mereka dalam peti kedap udara pada suhu ruangan.

Cita rasa sendiri adalah kombinasi dari aroma, keasaman, dan rasa dasar.

Rasa dasar adalah sensasi dari kekentalan yang membuat kopi terasa berbobot. Semakin lama penyangraian semakin kuat rasa yang muncul. Namun, hal ini juga mengurangi kadar keasaman yang memberikan sensasi khusus di lidah Anda. Sehingga diperlukan kepekaan saat menyangrai agar rasa dasar kopi tetap kuat tapi keasamannya tidak hilang.

Kadar keasaman tidak menimbulkan rasa pahit. Rasa pahit muncul ketika dalam proses pengolahan ada pengurangan ampas kopi, mengolah terlalu lama, atau mengolah dalam wadah atau mesin dimana didalamnya terdapat sisa ampas kopi yang sudah beberapa jam, hari atau minggu yang lalu
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Putri Pakning

0 komentar:

Posting Komentar

 
My Blog : Boedak Begajol | Budaya Bangsa | Hacker Pakning
Copyright © 2011. Melayu Tolen - All Rights Reserved